Lingkungan bisnis saat ini sangat dipengaruhi oleh faktor ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan. Oleh karena itu banyak bisnis yang memiliki keterbatasan untuk mengakses modal modal mereka. Saat-saat seperti inilah di mana perencanaan, disiplin, dan tanggung jawab untuk menjaga neraca yang sehat akan sangat bermanfaat. Bisnis yang beroperasi menggunakan prinsip akuntansi yang sehat berkemungkinan siap untuk menghadapi resesi ekonomi.
Perusahaan seperti Costco dan Walmart menghadapi krisis dengan cukup baik, sebagian karena mereka melihat lonjakan permintaan, dan juga mempraktikkan manajemen keuangan yang baik. Memiliki pemahaman yang kuat tentang arus kas dan pembayaran hutang adalah sama pentingnya.
Oleh karena itu, dalam artikel ini, berikut beberapa anggaran bisnis yang harus Anda pertimbangkan kembali selama dan setelah masa pandemi dan resesi ekonomi.
1. Manajemen Bisnis
Saat ini, kolaborasi, produktivitas, dan aplikasi untuk mengatur dan manajemen bisnis meningkatkan kemampuan jutaan pekerja berpengetahuan jauh. Kemungkinan besar, berbagai inovasi teknologi akan muncul untuk membantu memfasilitasi karyawan melakukan tugas mereka sambil memberikan jarak sosial yang aman kepada pelanggan.
Meskipun tidak mungkin semua industri dapat bekerja dari rumah, tetapi kemungkinan untuk industri terpaksa bekerja ke kantor akan berkurang secara signifikan. Misalnya software akuntansi Accurate Online membuat manajemen keuangan bisnis Anda lebih tertata dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja secara real-time.
2. Ruang Kantor
Jika bisnis Anda telah berhasil bekerja dari rumah sesuai dengan imbauan, pada dasarnya Anda secara tidak langsung melakukan percobaan, apakah bisnis Anda dapat beroperasi secara efisien saat bekerja dari jarak jauh.
Mungkin tim Anda berjalan sedekat mungkin dengan bisnis seperti biasa, mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi, dan sekarang pertanyakan kembali apakah bekerja di kantor masih diperlukan?
Ketika kantor dibuka kembali dan karyawan kembali ke kegiatan normal, pikirkan beberapa karyawan yang sebenarnya selalu dapat bekerja dari rumah. Jika ini bekerja dengan baik, Anda akan dapat berhemat ke ruang kantor yang lebih kecil dan lebih terjangkau.
3. Peralatan Bisnis
Sementara beberapa alat tidak dapat dihindarkan dan perlu diterima sebagai biaya untuk menjalankan bisnis, rangkaian peralatan yang lebih mahal tentu perlu dievaluasi kembali berdasarkan analisis biaya-manfaatnya.
Berapa banyak pendapatan dan penghematan produktivitas yang dilakukan oleh aplikasi yang mahal itu sebagai produk layanan yang bermanfaat bagi bisnis? Bagaimana bisnis melakukan tugas-tugas ini sebelum aplikasi ini digunakan?
Pertanyaan-pertanyaan ini harus dipertimbangkan secara mendalam. Pada saat krisis, orang-orang memahami pembatasan keuangan yang ditempatkan pada anggaran, itulah sebabnya banyak perusahaan aplikasi yang menawarkan diskon besar selama adanya pandemi. Selama masih diskon, kenapa harus ditunda?
Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan jika bisnis Anda sudah jalan yakni adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis atau usaha pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.
Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.